Obat Diabetes Dengan Menggunakan Buah Mahoni

Obat Diabetes Dengan Menggunakan Buah Mahoni – Solusi untuk cara mengatasi dan menyembuhkan penyakit diabetes secara alami kami bisa menyarankan anda untuk menggunakan pengbatan tradisional dari Buah Mahoni. Apa saja manfaatnya ?

Tumbuhan mahoni merupakan tumbuhan/ pohon yang bisa tumbuh tahunan yang sering kita jumpai di pinggir jalan atau taman, tumbuhan ini bisa hidup cukup panjang sehingga tidak jarang pohon mahoni ini bisa di jaikan tanaman hijau di pinggir jalan tepatna kawasan kota, karena manfaatnya bisa di rasakan untuk menyejukan  tanah di perjalanan

Tumbuhan mahoni ini juga memiliki buah yang di namakan buah Mahoni, mungkin banyak orang tidak tau akan manfaat dari bauh mahoni. LALU APA SAJA MANFAAT BUAH MAHONI UNTUK PENYAKIT DIABETES :

Masih ada buah mahoni lebih kepada biji mahoni yang mempunyai rasa pahit sangat pahit bila kita ingin mencoba, kupaslah biji lalu jilat sedikit saja di atas pucuk lidah maka respon pahit sungguh terasa,.
Dibalik rasa pahit yang terdapat pada biji mahoni terdapat bnyak kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Biji mahoni ( Swietenia mahagoni Jacq) memiliki efek farmakologis antipiretik, antijamur, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis ( diabetes mellitus ), kurang nafsu makan, rematik, demam, masuk angin, dan eksim. Tak hanya itu Biji mahoni mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder, yaitu alkaloid, flavonoid, steroid, terpenoid, dan saponin (Sianturi, 2001; Yenitta, dkk., 1999)
Kandungan alkaloid pada biji Mahoni dapat mengubah susunan rantai DNA pada inti sel bakteri. Flavonoid, saponin dan steroid serta terpenoid menyebabkan kerusakan pada dinding sel dan membran sel bakteri. Aktivitas antibakteri tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan menyebabkan kematian sel bakteri (Katzung, 2004).

Kandungan yang terdapat pada biji mahoni digunakan sebagai obat untuk penyakit diabetes, banyak penelitian yang sudah membuktikan pada hewan percobaan bahwa kandungan biji mahoni dapat menurunkan kadar gula darah. Masyarakat sejak dahulu sudah menyadari akan kandungan biji mahoni yang begitu mengandung banyak manfaat. Dari pengembangannya di daerah pertanian biji mahoni juga digunakan sebagai pupuk dengan ektrak rempah lainnya.

HASIL PENELITIAN :

  1. Laurentia Mihardja, peneliti pada Center For Research and Development of Disease Control, NIHRD
    Telah melakukan penelitian biji mahoni dalam menurunkan glukosa darah pada hewan coba. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian ekstrak mahoni dosis 45 mg/ 160 g BB setelah tujuh hari menunjukkan hasil berbeda yang signifikan dibanding pelarut serta tidak berbeda dengan glikazide 7.2 mg/ 200 g BB dalam menurunkan glukosa darah pada hewan percobaan.
  2. Raja, Linghuat Lumban, Universitas Sumatera Utara
    Melakukan penelitian efek ekstrak etanol biji mahoni terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa ekstrak etanol biji mahoni dosis 100 mg/kg BB dan dosis 50 mg/kg BB tidak berbeda nyata dengan glibenklamid dosis 1 mg/kg BB dalam menurunkan kadar gula darah

MEKANISME KERJA :

  • Kandungan saponin dalam mahoni menurunkan gula darah, mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah. Manfaat dan kandungan dari biji mahoni sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia , sejak dahulu masyarakat telah menggunakan sebagai obat herbal / jamu tradisional , dengan langsung menelan biji mahoni yang diambil setelah matang / masak jatuh dari pohon, kemudian mengelupas lapisan pelindung coklat.
  • Kemudian menelan secara langsung biji mahoni tersebut.
  • Namun perlu diperhatikan konsumsi secara tradisional juga harus mempunyai kadar efektifitas kandungan, agar perlu diperhatikan supaya tidak terjadi kelebihan dosis yang tidak diinginkan dan efek samping dari kandungan biji mahoni.

Mungkin hanya itu info yang bisa kami tulis semoga info ini bermanfaat dan bisa menambah limu untuk anda yang membutuhkanya.

Baca Juga :

Obat gula basah tradisional paling mujarab, penyebab dan gejala penyakit gula basah kami bahas tuntas disini. KLIK OBAT GULA BASAH

Leave a Reply